REPNAS Tegaskan Peran Besar Diplomat dalam Perdagangan Global

Jumat, 23 Februari 2024 – 10:53 WIB
REPNAS Tegaskan Peran Besar Diplomat dalam Perdagangan Global - JPNN.com Jatim
Deputi Bidang Ekonomi REPNAS Indonesia Maju Hendy Setiono (kanan) bersama Dubes Indonesia untuk Selandia Baru (2017-2021) Tantowi Yahya dalam diskusi, Rabu (21/2). Foto: dok. Hendy Setiono

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Relawan Pengusaha Muda Nasional (REPNAS) Indonesia Maju mengharapkan peran serta diplomat dalam memfasilitasi para pelaku usaha maupun bisnis lokal untuk go global.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Ekonomi REPNAS Indonesia Maju Hendy Setiono dalam diskusi bertajuk "Diplomat Masa Depan: Pengusaha Muda Menggagas Diplomasi Perdagangan Global", Rabu (21/2).

Diskusi itu membahas tantangan dan peluang yang dihadapi oleh pengusaha muda dalam membawa nama Indonesia di kancah internasional.

Hendy berharap lebih banyak lagi pelaku UMKM lokal yang bisa go global yang bisa berpartisipasi dalam perdagangan internasional.

Maka itu, lanjut dia, sebagai negara yang tengah berkembang, Indonesia membutuhkan diplomat yang mampu tidak hanya mewakili dalam hubungan bilateral.

Para diplomat itu diharapkan juga juga memiliki kemampuan untuk mengundang investasi dari luar ke Indonesia serta memperkenalkan UMKM Indonesia ke mancanegara.

"Jadi, harapannya di sini, peran serta dari diplomat bisa menjadi jembatan dalam membuka akses pasar bagi para pelaku bisnis maupun UMKM lokal yang ingin go global," kata pengusaha asal Surabaya itu.

Hendy juga menyinggung pentingnya upaya untuk lebih banyak lagi brand Indonesia yang go internasional guna mengangkat citra bangsa di dunia.

Hendy Setiono mengharapkan lebih banyak lagi pengusaha yang bisa go global guna meningkatkan bangsa Indonesia di kancah internasional.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News