Pemkot Siapkan Rp350 Miliar untuk Tuntaskan Banjir di Surabaya Barat

Kamis, 22 Februari 2024 – 15:37 WIB
Pemkot Siapkan Rp350 Miliar untuk Tuntaskan Banjir di Surabaya Barat - JPNN.com Jatim
Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya Syamsul Hariadi. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan anggaran sekitar Rp350 miliar untuk penanganan banjir di Surabaya Barat.

Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya Syamsul Hariadi menjelaskan anggaran itu separuh dari dana keseluruhan sebesar Rp776 miliar untuk penanganan banjir.

“Surabaya Barat belum kami hitung secara pasti, tetapi untuk box culvert saja bisa Rp300 miliar sampai Rp350 miliar. Ya, mungkin setengahnya (dari total anggaran) untuk Surabaya Barat karena pembangunan kota memang mengarah ke sana," kata Syamsul, Kamis (22/2).

Syamsul memerinci anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan tanggul serta bozem, penambahan pompa air di kawasan Sememi dan box culvert, lalu peninggian jembatan Tengger.

“Anggaran itu bisa saja bertambah sebab pembangunan tahun ini memang diarahkan ke kawasan Surabaya Barat yang menjadi PR berat,” ujarnya.

Saat ini, di kawasan Tengger, sedang dibuatkan tanggul dari batu kumbung sementara waktu.

"Itu kami percepat pengerjaannya. Kalau musim hujan sudah berhenti baru kami permanenkan, yang permanen kami targetkan selesai dalam kurun waktu dua bulan," tuturnya.

Jembatan Tengger akan ditinggikan, tetapi melihat efektivitas tanggul terlebih dahulu. Adapun penanganan banjir di kawasan Benowo depan Perumahan PBI, yakni dengan pemasangan box culvert.

"Target penanganan 22 titik banjir dari 245 titik banjir yang ada di Kota Surabaya. Kawasan Surabaya Barat menjadi prioritas pada tahun 2024 ini," ujarnya.

Berikut perincian biaya yang bakal dikeluarkan pemkot untuk tangani banjir di Surabaya Barat.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News