Ketua Projo Jatim Dititipi Pesan Para Buruh SKT Untuk Disampaikan ke Jokowi

Minggu, 11 Februari 2024 – 13:08 WIB
Ketua Projo Jatim Dititipi Pesan Para Buruh SKT Untuk Disampaikan ke Jokowi  - JPNN.com Jatim
Ketua Projo Jatim Bayu Airlangga (tengah) saat menerima pesan dari buruh sigaret kretek untuk disampaikan kepada Jokowi. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua DPD Pro Joko Widodo (Projo) Jawa Timur Bayu Airlangga bertemu dengan puluhan ribu buruh sigaret kretek tangan (SKT) di empat wilayah berbeda, yaitu di Mojokerto, Jombang, Nganjuk, dan Madiun.

Dalam pertemuan itu, Bayu mendapatkan banyak titipan aspirasi agar program-program Presiden Jokowi terus dilanjutkan.

"Saya bertemu di empat kabupaten berbeda dan mereka semua ingin agar program Presiden Jokowi bisa diteruskan ke depan dan harapan buruh penerus Pak Jokowi Prabowo-Gibran," kata Bayu, Sabtu (10/2).

Para buruh, kata Bayu, juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang hanya menaikkan cukai rokok SKT di angka 4,7 persen pada tahun 2024.

"Keberpihakan Pak Jokowi kepada rakyat, kepada buruh SKT diharapkan bisa diteruskan penerusnya yang akan memimpin lima tahun ke depan, apalagi sektor SKT menyerap pekerja banyak sekali," ujarnya.

Mantan Gubernur Jatim Soekarwo yang juga hadir menyebut saat cukai naik tinggi pada tahun 2020. Kala itu, cukai rokok SKT naik 16,44 persen berdasar Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 159/2019 tentang Perubahan Kedua atas PMK 146/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau.

"Saya menerima masukan dari pabrik dan owner SKT karena banyak PHK ketika cukai naik sampai 16 persen. Hampir setengah pekerja buruh SKT di pabrik-pabrik di PHK, padahal SKT sangat menyerap puluhan jutaan pekerja di seluruh Indonesia," ujar Pakde Karwo.

Pakde mengatakan saat mendapatkan masukan dari para buruh, dia langsung menyampaikannya dan diterima oleh Presiden Jokowi.

Buruh SKT menyampaikan pesan kepada Projo Jatim untuk disampaikan ke Presiden Jokowi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News