Hujan Sore-Malam, Ratusan Rumah Warga di Jember Kebanjiran Hingga Rusak

Kamis, 08 Februari 2024 – 16:34 WIB
Hujan Sore-Malam, Ratusan Rumah Warga di Jember Kebanjiran Hingga Rusak - JPNN.com Jatim
Banjir melanda sejumlah kelurahan di Kecamatan Kaliwates pada Rabu (7/2/2024) sore hingga malam. ANTARA/HO-BPBD Jember

jatim.jpnn.com, JEMBER - Sebanyak 119 rumah warga di Jember terdampak banjir dan satu rumah terdampak tanah longsor akibat hujan deras mengguyur wilayah setempat pada Rabu (7/2) sore hingga malam.

Kepala BPBD Jember Widodo Julianto menyebut selain ratusan rumah, banjir juga menggenangi beberapa fasilitas umum, seperti pesantren, musala, dan tempat usaha.

Menurutnya, hujan deras yang terjadi di beberapa wilayah Jember mengakibatkan peningkatan debit air sungai di Mangli, Kecamatan Kaliwates.

"Rumah warga yang terdampak banjir berada di beberapa kelurahan di Kecamatan Kaliwates yakni Kelurahan Mangli, Sempusari, dan Kaliwates," kata Widodo, Kamis (8/2).

Saluran irigasi yang tak bisa menampung debit air akhirnya melebur ke permukiman warga dengan ketinggian air 10-90 sentimeter dan masuk ke rumah warga dengan ketinggian air sekitar 2040 sentimeter.

"Tim BPBD Jember melakukan penanganan di lokasi terdampak, lalu mendistribusikan bantuan logistik untuk dapur mandiri dan membersihkan rumah warga yang kebanjiran dan longsor," ujarnya.

BPBD Jember, kata dia, sudah mendistribusikan sepuluh paket sembako, empat lembar selimut, 12 paket tambahan gizi, 12 paket lauk pauk siap saji, sepuluh paket rendang siap saji, dan lima serok pembersih.

Adapun rumah warga yang terdampak longsor milik Nurasih di Desa Kemiri, Kecamatan Panti mengalami rusak sedang dengan kondisi tembok dapur ambrol tergerus air.

Sebanyak 119 rrumah di Jember terdampak banjir dan satu rumah rusak akibat bencana tersebut.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News