Solusi Investasi dalam Transisi Energi Perlu Dukungan Pemerintah

Rabu, 07 Februari 2024 – 22:31 WIB
Solusi Investasi dalam Transisi Energi Perlu Dukungan Pemerintah - JPNN.com Jatim
Webinar MKI membahas solusi investasi dalam transisi energi di Indonesia. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) menggelar webinar bertema Regulasi dan Kebijakan Mendukung Investasi Global dalam Percepatan Transisi Energi Indonesia.

Ketua Umum MKI Evy Haryadi mengatakan dalam webinar itu membahas solusi investasi dalam transisi energi, termasuk regulasinya.

“Sebagai wadah pelaku industri ketenagalistrikan, kami merasa perlu mendukung pemerintah mencari solusi terhadap berbagai tantangan transisi energi yang kami semua rasakan,” ujar Haryadi, Rabu (7/2).

Diskusi bersama  Kasatgas Transisi Energi Nasional, Rachmat Kaimuddin, JETP, PT SMI (Persero), World Bank, ADB, dan IBM, MKI diharapkan bisa merumuskan masukan agar tantangan investasi dapat ditangani. 

“MKI terus membangun komunikasi dengan stakeholder, khususnya di bidang pendanaan agar obstacle sektor finance dapat terurai karena NZE 2060 dan capaian prosesnya perlu diatasi bersama,” katanya.

Selain membahas pendanaan, kebijakan berkenaan dengan pemanfaatan produk lokal dan digitalisasi menjadi isu yang dicermati dalam diskusi tersebut.

“Hasil diskusi kami di internal MKI ada tantangan lain yang perlu ditangani segera, yaitu kewajiban pemanfaatan produk lokal dan digitalisasi. Itu menjadi tantangan karena penyediaan EBET (energi baru dan energi terbarukan masih belum ekonomis,” tuturnya.

Dengan memaksimalkan potensi lokal, kata dia, bisa mendorong upscaling industri dalam negeri. Namun, ketersediaan material dan kemampuan masyarakat membeli produk listrik yang dihasilkan agar trilemma energy tetap tercapai.

Transisi energi menjadi energi terbarukan memerlukan dukungan dari pemerintah agar terealisasi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News