Mulai Februari, 1.370 Titik Parkir di Surabaya Terapkan Pembayaran Nontunai

Senin, 29 Januari 2024 – 20:46 WIB
Mulai Februari, 1.370 Titik Parkir di Surabaya Terapkan Pembayaran Nontunai - JPNN.com Jatim
Dinas Perhubungan Kota Surabaya menyiapkan voucher untuk metode pembayaran parkir di TJU. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 1.370 titik lokasi parkir TJU se-Kota Surabaya bakal menerapkan metode pembayaran parkir nontunai atau cashless per Februari mendatang.

Sebelum itu, Dinas Perhubungan Kota Surabaya telah melakukan sosialisasi dan diuji cobakan di beberapa wilayah di Surabaya.

Meski sempat ada penolakan dari Paguyuban Juru Parkir Surabaya, pemkot memastikan pelaksanaan bayar parkir non tunai serentak diterapkan.

“Insyaallah Februari 2024 kami jalankan semuanya, serentak. Yang ada titiknya (parkir TJU) itu kami lakukan semuanya (nontunai)," kata Wali Kota Eri Cahyadi, Senin (29/1).

Dia menegaskan perubahan pola pembayaran parkir dari tunai menjadi nontunai bukan tanpa alasan.

Penerapan parkir nontunai ini sebagai bentuk kepercayaan publik kepada juru parkir (jukir). Selain itu, kebijakan ini sekaligus untuk mensejahterakan jukir dengan meningkatkan pendapatan mereka.

Menurut dia, pembayaran parkir nontunai secara tidak langsung juga mengajarkan tentang kejujuran sebab pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi parkir akan bisa diketahui secara pasti jumlahnya.

"Dengan kejujuran itu kami akan tahu sebenarnya berapa (Jukir) dapatnya, berapa kekurangannya. Dengan nontunai itu kita bisa mengetahui pendapatan (retribusi parkir) aslinya seperti apa," tuturnya.

Meski dapat penolakan, Wali Kota Surabaya pastikan pembayaran parkir nontunai bakal diterapkan Februari nanti.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News