Pastikan Kesehatan KPPS, KPU Surabaya Bakal Koordinasi dengan Dinkes

Kamis, 25 Januari 2024 – 17:41 WIB
Pastikan Kesehatan KPPS, KPU Surabaya Bakal Koordinasi dengan Dinkes - JPNN.com Jatim
KPU Kota Surabaya lantik 57.169 anggota KPPS. Foto: Source JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - KPU Surabaya akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan (dinkes) setempat untuk memastikan kesehatan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas pada 14 Februari mendatang.

Itu bertujuan untuk mencegah anggota KPPS kelelahan saat bertugas melakukan proses pemungutan perhitungan suara dan rekapitulasi Pemilu 2024.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi seusai melantik 57.169 anggota KPPS secara serentak, Kamis (25/1).

“Jadi, pemungutan dan perhitungan suara kan masih 19 hari lagi. Tentu masih ada waktu untuk berkoordinasi dengan dinkes dan insyaallah surat permohonan akan segera kami sampaikan,” kata Syamsi.

Dia menjelaskan syarat yang ditentukan KPU RI untuk melakukan perekrutan KPPS, antara lain usia tidak boleh lebih dari 55 tahun serta tidak memiliki penyakit komorbiditas.

Dia juga mengungkapkan KPU RI juga telah merubah teknis atau tata cara memberikan hasil rekapitulasi surat suara. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan kerja KPPS.

“Tata cara memberikan salinan hasil tidak lagi ditulis satu-satu, tetapi dapat dilakukan dengan cara menulis satu eksemplar kemudian digandakan. Nanti ditandatangani basah baru boleh disampaikan ke peserta pemilu,” ujarnya.

Salinan hasil rekapitulasi juga bisa disampaikan secara elektronik jika memang tidak ada alat penggandanya.

Teknis kerja perekapan suara akan dipersingkat agar kurangi beban kerja KPPS. Berikut selengkapnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News