Mahasiswa UC Pamerkan Proyek Implementasi Model Matematika dalam Kasus Sehari-hari

Jumat, 12 Januari 2024 – 18:45 WIB
Mahasiswa UC Pamerkan Proyek Implementasi Model Matematika dalam Kasus Sehari-hari - JPNN.com Jatim
Kelompok WattWise yang memamerkan proyek implementasi matematika untuk perhitungan biaya listrik rumah tangga. Foto Humas UC.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Mahasiswa Semester I Prodi Sistem Informasi Universitas Ciputra Surabaya memamerkan bentuk implementasi model matematika dalam kasus riil sehari-hari. 

Dari 62 mahasiswa, mereka dibagi tiga-4 orang untuk berkelompok, lalu menghasilkan 21 proyek yang dipamerkan di Core Preneur Universitas Ciputra.

Dosen Koordinator Mata Kuliah Applied Math Lenny Rosita mengatakan mata kuliah akan menarik, jika pembelajaran yang diperoleh dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

“Matematika sering menjadi momok untuk dipelajari karena dianggap sulit. Namun, menjadi menarik dan menantang, jika belajar matematika dan bisa langsung diterapkan pada kehidupan nyata sehari-hari,” ujar Lenny, Jumat (12/1).

Dia menjelaskan dalam perkuliahan applied math, dirinya mengajak mahasiswa tak hanya mengerjakan soal, tetapi mendekatkan mereka dengan kasus riil yang dihadapi dalam kehidupan nyata.

“Kasus riil itu dalam hal keuangan, kesehatan, logistics, pemasaran, psikologi, dan lain-lain.” katanya.

Dalam proses pengerjaannya, mahasiswa diminta melakukan identifikasi implementasi model matematika dalam berbagai kasus riil, melakukan pengumpulan data dari laman resmi berbagai institusi, berita, survei, dan observasi.

Kemudian dilanjutkan dengan perancangan prototype (ide prototype digali melalui survei, observasi, wawancara, browsing, mentoring). 

Matematika yang diimplementasikan dalam sebuah proyek untuk kasus kehidupan sehari-hari dipamerkan mahasiswa UC.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News