2 Penerbangan Terdampak Penutupan Sementara Bandara Malang

Jumat, 12 Januari 2024 – 16:04 WIB
2 Penerbangan Terdampak Penutupan Sementara Bandara Malang - JPNN.com Jatim
Calon penumpang berjalan menuju ruang tunggu keberangkatan pesawat di Bandara Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto.

jatim.jpnn.com, MALANG - Dua penerbangan terdampak penutupan Bandara Abdulrachman Saleh Malang akibat sebaran abu vulkanik Gunung Semeru di area bandar udara.

"Ada dua penerbangan yang terdampak saat penutupan sementara bandara, flight Garuda dan Citilink," kata Kepala UPT Bandara Abd Saleh Malang Purwo Cahyo Widhiatmoko, Jumat (12/1).

Dia menerangkan penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink tak bisa mendarat di bandara Malang karena adanya penutupan aktivitas bandara pada pukul 09.00-11.00 WIB. Pesawat tersebut lantas dialihkan ke Bandara Juanda Surabaya.

Adapun para penumpang yang saat itu akan berangkat dari Bandara Abd Saleh Malang diangkut menggunakan bus menuju Bandara Juanda. Secara keseluruhan, ada empat jadwal penerbangan yang terdampak penutupan sementara.

"Untuk yang terdampak, itu ada dua kali pesawat mendarat dan dua kali lepas landas. Semua dialihkan ke Bandara Juanda," ujar Purwo.

Dia menjelaskan sebelum keputusan penutupan sementara aktivitas bandara pukul 09.00 WIB diberlakukan, maskapai Batik Air mendarat pada pukul 08.40 WIB.

"Batik Air sudah landing kurang lebih pukul 08.40 WIB, dan akan take off pada siang ini setelah bandara aktivitas penerbangan kembali dibuka," tuturnya.

Secara keseluruhan, lanjutnya, Bandara Abd Saleh Malang melayani sebanyak enam penerbangan. Seluruhnya memiliki rute Jakarta-Malang-Jakarta.

Purwo menerangkan para penumpang yang saat penutupan berangkat dari bandara Malang diantar menggunakan bus menuju Bandara Juanda.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News