Ubaya Jadi Perguruan Tinggi Swasta Peringkat Teratas Versi SINTA

Jumat, 12 Januari 2024 – 10:35 WIB
Ubaya Jadi Perguruan Tinggi Swasta Peringkat Teratas Versi SINTA - JPNN.com Jatim
Ubaya menjadi perguruan tinggi swasta peringkat teratas di Jawa Timur dalam perolehan skor SINTA. Foto: Humas Ubaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Universitas Surabaya (Ubaya) menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) peringkat teratas di Jawa Timur dalam perolehan skor SINTA dengan catatan skor mencapai 379.665 dalam tiga tahun.

"Skor SINTA Overall 617.199. Hal itu membuat Ubaya menempati posisi kedua secara nasional," kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM Ubaya) Prof Suyanto, Ph.D, Jumat (12/1)

Prof Suyanto menjelaskan skor SINTA adalah salah satu indikator kinerja nasional yang dilakukan Kemendikbud Ristek. Indikator itu mencakup delapan aspek, di antaranya publikasi, penelitian, pengabdian, hak kekayaan intelektual (HKI), kelembagaan, dan sumber daya manusia.

Menurutnya, capaian skor SINTA yang tinggi adalah bukti rekognisi nasional maupun internasional dari hasil luaran penelitian dan pengabdian dosen di Ubaya.

"Di Ubaya, skor SINTA diperbarui dosen dan LPPM secara reguler. Staf LPPM, termasuk Direktorat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Ubaya terjun langsung ke masing-masing program studi untuk mendampingi para dosen melakukan pembaruan data dan sinkronisasi," jelasnya.

Kemudian, capaian skor SINTA menjadi salah satu dasar bagi penetapan klaster perguruan tinggi dengan skor tinggi Ubaya mencapai klaster mandiri pada tahun 2024.

"Tentu saja dengan klaster Mandiri akan lebih banyak akses terhadap hibah penelitian maupun pengabdian yang bisa diperoleh dari berbagai sumber," ujarnya.

Adapun keuntungan lain dari skor SINTA yang tinggi, yaitu sebagai sumber data utama bagi akreditasi perguruan tinggi maupun program studi. Kinerja publikasi dosen untuk sebuah perguruan tinggi juga diambil dari data di laman SINTA.

Skor SINTA mencapai 379.665 dalam tiga tahun akhir mengantarkan Ubaya menjadi perguruan tinggi swasta teratas di Jatim.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News