Plezilo, Mainan Tuk Latih Sensor Motorik Anak Buatan Mahasiswa Ubaya

Senin, 01 Januari 2024 – 10:52 WIB
Plezilo, Mainan Tuk Latih Sensor Motorik Anak Buatan Mahasiswa Ubaya - JPNN.com Jatim
3 mahasiswa Ubaya menciptakan mainan anak 2in1 yang bisa melatih sensor motorik halus. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tiga mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri Universitas Surabaya (Ubaya) menciptakan inovasi mainan anak 2in1 bernama Plezilo.

Mainan yang berfungsi untuk mengasah kreativitas dan melatih sensor motorik halus pada anak ini dibuat oleh Robbel Putra Halim, Silvia, dan Angeline Priscillia Imanuel Santoso.

Angeline mengatakan Plezilo adalah STEM dan sensory toy yang terbuat dari kayu. STEM toy merupakan makanan yang melatih science, technology, engineering, dan mathematics.

“Plezilo juga berfungsi sebagai sensory toy yang membantu melatih sensor motorik halus dan kemampuan sensorik vestibular, tactile, dan visual anak,” kata Angeline tertulis, Senin (1/1).

Adapun cara memainkannya, yaitu dengan menata kubus berwarna dan bertekstur pada papan berlubang sesuai pola yang tersedia pada guide book.

Anak-anak juga bisa mengkreasikan pola baru sesuai imajinasi mereka. Selain melatih pengetahuan STEM dan kemampuan sensor, Plezilo juga melatih kerja sama dan koordinasi karena bisa dimainkan bersama teman-teman.

Mainan ini ditujukan untuk usia 6-12 tahun dan terintegrasi dengan Augmented Reality (AR). Hal itu bertujuan melatih kemampuan teknologi pada anak.

“Kalau pola pada guide book di-scan maka akan muncul AR yang memberikan penjelasan mengenai pola dan bentuk tiga dimensinya,” jelasnya.

Tiga mahasiswa Ubaya menciptakan mainan anak 2in1 untuk melatih sensor motorik halus bernama Plezilo.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News