Dosen Ubaya Buat Gel dari Daun Sendok Untuk Terapi Luka Kaki Pasien Diabetes

Sabtu, 04 November 2023 – 08:33 WIB
Dosen Ubaya Buat Gel dari Daun Sendok Untuk Terapi Luka Kaki Pasien Diabetes - JPNN.com Jatim
Kartini (kiri) dan Endang Wahyu Fitriani (kanan) menunjukkan inovasi sediaan gel dari daun sendok di Laboratorium Farmasi Fisika, Gedung TB lantai 1, Kampus Ubaya Tenggilis, Jumat (3/11). Foto: Humas Ubaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tiga dosen dari Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) membuat inovasi sediaan gel dari daun sendok. Gel tersebut bermanfaat sebagai terapi pendamping untuk luka kaki pasien diabetes.

Inovasi itu diciptakan oleh apt Kartini, apt Endang Wahyu Fitriani, dan apt Ridho Islamie.

Kartini selaku ketua tim menyebut inisiasi dari pembuatan gel daun sendok dilatarbelakangi meningkatnya prevalensi penyakit diabetes di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Diabetes menimbulkan berbagai komplikasi, salah satunya adalah luka kaki. Standar perawatan luka kaki yang selama ini dilakukan di klinis menyisakan banyak pertanyaan terkait efektivitas, keamanan, dan biaya yang tinggi.

"Oleh karena itu, kami mengupayakan invensi sebagai alternatif terapi pendamping luka kaki diabetes yang diharapkan lebih aman, efektif, dan lebih ekonomis," ujar Kartini, Jumat (1/11).

Daun sendok atau Plantago major dipilih sebagai bahan aktif lantaran mengandung asam ursolat, asam oleanolat, dan aukubin. Bahannya mudah didapat karena tanaman liar dan dapat dibudidayakan dengan mudah.

“Gel ini memiliki keunggulan, yaitu dapat meningkatkan proliferasi atau pertumbuhan sel, meningkatkan migrasi sel, serta menghambat sekresi nitric oxide. Hal itu berguna untuk mempercepat penutupan luka,” jelasnya.

Proses pembuatan dimulai dengan mengeringkan daun sendok lalu dibuat serbuk simplisia menggunakan blender. Kemudian, serbuk daun sendok diekstraksi menggunakan cairan etanol dan disaring.

Tiga dosen Ubaya membuat inovasi gel dari daun sendok untuk pendamping terapi luka kaki pasien diabetes.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News