2 Rumah di Malang Ambrol ke Sungai Akibat Plengsengan Longsor

Selasa, 09 Januari 2024 – 10:05 WIB
2 Rumah di Malang Ambrol ke Sungai Akibat Plengsengan Longsor - JPNN.com Jatim
Kondisi rumah di Jalan Kasin Gang Keramat RT08/03, Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, yang ambrol ke aliran sungai. Senin (8/1). ANTARA/HO-BPBD Kota Malang

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dua rumah di bantaran sungai Jalan Kasin Gang Keramat, Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang ambrol ke aliran sungai akibat tanah longsor.

Kepala BPBD Kota Malang Prayitno mengatakan peristiwa itu terjadi pukul 14.40 WIB. Plengsengan di sekitar permukiman warga itu tergerus dipicu peningkatan debit air karena hujan dengan intensitas tinggi.

"Akibat kejadian itu, dua rumah, yakni milik Pak Matraji dan Pak Joko ambrol," kata Prayitno, Senin (8/1).

Dalam video yang beredar, sebelum kejadian sedang gerimis. Warga yang berada di seberang sungai mendengar suara retakan, lalu memperingatkan pemilik rumah sebelum akhirnya bangunan itu ambrol.

Dia menjelaskan rumah milik Matriaji yang ambrol ke aliran anak Sungai Brantas itu dalam kondisi kosong, sedangkan rumah milik Joko perabotan di dalamnya jatuh ke aliran sungai.

Kerusakan akibat ambrolnya rumah itu membuat ruang pada bagian belakang rumah milik Matriaji dengan dimensi 3,5 meter x 2,5 meter ambrol dan 3,4 meter x 2,5 meter ruangan di rumah Joko rusak beserta sejumlah barang rumah tangga hanyut.

"Rumah Pak Matraji kosong tidak ditempati, sedangkan rumah milik Pak Joko berdampak pada dapur dan kamar yang ambrol serta rumah tidak bisa ditempati karena rawan terjadi longsor susulan," ujarnya.

Prayitno menyebut akibat kejadian tersebut lima orang dalam satu keluarga terpaksa mengungsi karena kerusakan pada bangunan. Kerugian material akibat peristiwa itu masih dalam penghitungan.

Dua rumah di Malang ambrol ke sungai akibat tanah longsor saat hujan intensitas tinggi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News