Belasan Titik Pendakian di Kawah Ijen Rawan Longsor, Hati-Hati!

Kamis, 04 Januari 2024 – 21:36 WIB
Belasan Titik Pendakian di Kawah Ijen Rawan Longsor, Hati-Hati! - JPNN.com Jatim
Wisatawan mengabadikan gambar foto/video di Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (2/1). ANTARA/Novi Husdinariyanto

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Para pendaki di Kawah Ijen Banyuwangi diimbau untuk waspada. Setidaknya ada 13 titik rawan longsor sepanjang jalur pendakian ke puncak kawah tersebut.

Kepala Resort Taman Wisata Alam Kawah Ijen (KSDA) Sigit Ariwibowo tidak bisa memastikan 11-13 titik rawan longsor itu aman (bagi pengunjung) karena faktor alam.

"Kalau saya bilang aman (jalur pendakian) 100 persen tidak bisa menyampaikan itu, karena ini alam," katanya, Kamis (4/1).

Oleh karena itu, pihaknya secara bertahap akan melakukan pembangunan pelengseng atau tembok penahan tanah (TPT) mulai tahun ini.

Menurut Sigit, sekitar 200-300 meter dari pintu masuk jalur pendakian sudah ada pembangunan pelengseng yang dinilai rawan longsor.

"Dari hasil survei kami, nantinya secara bertahap titik-titik longsor tersebut akan dibangun pelengseng, mungkin tahun ini satu titik, bertahap," ujar dia.

Dari pantauan pada Selasa (2/1), ada beberapa titik jalur pendakian mendekati puncak kawah yang mulai menyempit dan harus menjadi perhatian pengelola untuk keselamatan wisatawan.

Kendati di jalur pendakian mendekati puncak sudah terpasang pagar beton, tetapi masih ada sekian meter di beberapa titik belum dibangun pagar beton, termasuk pagar beton di bibir kawah juga sudah banyak yang rusak dan perlu perbaikan untuk keselamatan wisatawan. (antara/faz/jpnn)

Mulai tahun ini, pengelola Kawah Ijen Banyuwangi akan melakukan perbaikan dan pembangunan untuk mengantisipasi tanah longsor di sana.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News