Pelaku Pembakaran di Gunung Ijen Tertangkap, Terungkap Motifnya, Ternyata

Rabu, 27 September 2023 – 12:07 WIB
Pelaku Pembakaran di Gunung Ijen Tertangkap, Terungkap Motifnya, Ternyata - JPNN.com Jatim
Lokasi pembakaran hutan di kawasan lereng Gunung Ijen, Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. ANTARA/HO-Is

jatim.jpnn.com, BONDOWOSO - Seorang pria berusia 48 tahun ditangkap polisi atas dugaan melakukan pembakaran hutan di kawasan lereng Gunung Ijen.

Kasat Reskrim Polres Bondowoso AKP Joko Santoso membenarkan adanya dugaan pria itu sengaja membakar. Pelaku saat ini menjalani pemeriksaan.

"Memang benar kami telah melakukan penangkapan dan saat ini masih dalam pemeriksaan di ruang penyidik Sat Reskrim," kata Joko, Selasa (26/9).

Lokasi kejadian pembakaran hutan itu tepatnya di Desa Sempol, Kecamatan Ijen atau di Blok Aren petak 102 E RPH Blawaan BKPH Sukosari KPH Bondowoso.

Dari hasil pemeriksaan penyidik, pelaku berinisial AR itu melakukan pembakaran hutan untuk pembukaan lahan pertanian.

Di hadapan penyidik, pelaku pembakaran hutan lereng Taman Wisata Alam Gunung Ijen itu sebelum membakar terlebih dahulu memotong rumput dan membersihkan ilalang, lalu membakarnya.

Akibat ulah pelaku dengan sengaja membakar hutan itu, kerusakan hutan mencapai 0,5 hektare.

Penyidik Sat Reskrim Bondowoso hingga saat ini juga melakukan pengembangan kasus tersebut guna mengetahui pelaku bekerja sendiri atau berkelompok.

Polisi ungkap motif pelaku pembakaran hutan di kawasan lereng Gunung Ijen, ternyata.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News