Survei PUSAD UMSurabaya, Warga Muhammadiyah Puas dengan Kepemimpinan Khofifah

Kamis, 04 Januari 2024 – 14:49 WIB
Survei PUSAD UMSurabaya, Warga Muhammadiyah Puas dengan Kepemimpinan Khofifah - JPNN.com Jatim
Peneliti Utama PUSAD UMSurabaya Radius Setyawan (dua dari kiri) saat menjelaskan hasil survei kepuasan warga Muhammadiyah Jatim dengan kepemimpinan Gubernur Khofifah, Kamis (4/1). Foto: Arry Saputra/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pusat Studi Antikorupsi dan Demokrasi (PUSAD) UMSurabaya merilis hasil survei terkait kepuasan warga Muhammadiyah Jatim terhadap kepemimpinan Gubernur Jatim menjelang Pemilu 2024.

Peneliti Utama PUSAD UMSurabaya Radius Setyawan mengatakan hasil survei menunjukkan 73 persen warga Muhammadiyah Jatim puas terhadap kepemimpinan Khofifah, 12,3 persen tidak puas, dan 14 persen tidak menjawab.

Dia memerinci jumlah warga Muhammadiyah Jatim yang puas 27,3 persen menganggap kepemimpinan Khofifah merakyat, 20,2 persen programnya relevan, 13,6 persen meningkatkan pertumbuhan ekonomi, 9,8 persen menciptakan kerukunan antarwarga, dan 5,4 persen toleransi antarumat beragama.

“Elektabilitas di Jatim akan menjadi barometer untuk mengawal jalannya demokrasi yang luber dan jurdil di Jatim menjelang Pemilu 2024,” ujar Radius, Kamis (4/1).

Radius menjelaskan teknik pengambilan sampel memakai multistage random sampling, di mana lokasi diambil di semua daerah Muhammadiyah di Jawa Timur, sebanyak 38 Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kabupaten/kota.

Kemudian, masing-masing kabupaten/kota diambil di tingkat PCM untuk dijadikan sampel penelitian. Sampel tiap kecamatan dibagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih di tiap kecamatan dan kelurahan yang dijadikan lokasi penelitian.

“Kami mengambil jumlah sampel sebanyak 1067 responden tersebar secara proporsional di 38 PDM kab/ kota dengan margin of error 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan adalah 95 persen,” ujarnya. (mcr12/jpnn)

Warga Muhammadiyah Jatim puas dengan kepemimpinan Gubernur Khofifah selama menjabat.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News