Mahfud MD Bakal Pindahkan Ratusan Pengungsi Rohingya ke 2 Tempat Ini

Kamis, 28 Desember 2023 – 22:12 WIB
Mahfud MD Bakal Pindahkan Ratusan Pengungsi Rohingya ke 2 Tempat Ini - JPNN.com Jatim
Menko Polhukam Mahfud MD (dua dari kanan) saat di Pondok Pesantren Al-Khoziny Sidoarjo, Kamis (28/12). Foto:: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Menko Polhukam Mahfud MD berencana memindahkan 137 pengungsi Rohingya yang ditampung di Balai Meuseuraya Aceh (BMA), Kota Banda Aceh.

Dirinya mengaku sudah berkomunikasi dengan Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla untuk pemindahan pengungsi tersebut.

Hal itu dilakukan buntut dari mahasiswa yang mengangkut paksa ratusan pencari suaka itu ke Kantor Kementerian Hukum dan HAM di Aceh.

"Hari ini saya sudah mengambil keputusan dan tindakan agar pengungsi Rohingya ditempatkan di tempat yang aman, satu di Gedung PMI, sebagian lagi di Gedung Yayasan Aceh," kata Mahfud di Pondok Pesantren Al-Khoziny Sidoarjo, Kamis (28/12).

Mahfud meminta aparat kepolisian bisa menjaga keamanan para pengungsi tersebut agar peristiwa serupa tak terulang kembali.

"Saya sudah berpesan agar aparat keamanan menjaga (para pengungsi) karena ini soal kemanusiaan," ujarnya.

Menurutnya, penampungan etnis Rohingnya adalah urusan kemanusiaan. Nantinya, mereka akan dikembalikan kepada pihak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Orang (Rohingya) kalau diusir tidak bisa pulang ke negerinya. Daripada terkatung-katung, kita tampung dulu sementara, nanti dikembalikan melalui PBB karena yang punya aturan mereka," tuturnya. (mcr12/jpnn)

Ratusan pengungsi Rohingya di BMA Banda Aceh bakal dipindahkan ke dua tempat aman ini menghindari aksi pengangkutan paksa mahasiswa terulang.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News