Hadiri Perayaan Natal Nasional di Surabaya, Presiden Jokowi Serukan Toleransi dan Perdamaian Jelang Tahun Politik

Kamis, 28 Desember 2023 – 05:20 WIB
Hadiri Perayaan Natal Nasional di Surabaya, Presiden Jokowi Serukan Toleransi dan Perdamaian Jelang Tahun Politik - JPNN.com Jatim
Presiden Joko Widodo saat menghadiri perayaan Natal Nasional 2023 di Gereja Bethany Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), menghadiri Perayaan Natal Nasional di Gereja Bethany Nginden Surabaya, Rabu (27/12/2023).

Didampingi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, hingga sejumlah pejabat, Jokowi dalam sambutannya mengajak masyarakat terus menjaga toleransi, persatuan, dan perdamaian jelang tahun politik 2024.

"Perbedaan pemilihan politik itu wajar dalam demokrasi,” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut ingin memberikan contoh kepada dunia bahwa keberagaman itu adalah hukum alam, yang tidak terhindarkan.

“Di tengah tantangan kehidupan dunia yang berat, ditandai dengan krisis pangan, krisis ekonomi, perselisihan antar bangsa, bahkan peperangan, kita harus ingat dan waspada,” ucapnya.

Dirinya juga menuturkan, bangsa Indonesia sungguh beruntung, karena mampu menjaga toleransi dalam keberagaman, dalam kemajemukan. Serta mampu menjaga persatuan ditengah kebhinekaan.

“Kita semua harus mampu menjaga Bhineka Tunggal Ika, dan kita bersyukur memiliki Pancasila. Perselisihan dan apalagi peperangan, akan membawa kemunduran peradaban. Sebaliknya persatuan kerukunan memungkinkan kita untuk bisa menapaki kemajuan,” tuturnya.

Dirinya juga mengungkapkan, 85 persen pelosok daerah tanah air telah ia kunjungi. Rencananya, kunjungan ke seluruh wilayah lain akan ia selesaikan pada 2024.

Jokowi titip pesan jaga perdamaian jelang Pemilu 2024
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News