Khawatir Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Nataru, Pakar Kesehatan Ingatkan Ini

Kamis, 21 Desember 2023 – 19:07 WIB
Khawatir Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Nataru, Pakar Kesehatan Ingatkan Ini - JPNN.com Jatim
Pakar Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair Prof Dr Santi Martini., dr. M.Kes. Foto: Arry Saputra/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pakar Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair Prof Dr Santi Martini., dr. M.Kes mengkhawatirkan lonjakan kasus Covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru. 

Hal tersebut berkaca dari meningkatnya angka kasus Covid-19 belakangan ini di berbagai negara.

“Laporan Kemenkes ada 104-140 negara yang melaporkan adanya peningkatan kasus. Sebanyak 145 kasus kematian dilaporkan, salah satunya di Indonesia,” ujar Prof Santi, Kamis (21/12).

Prof Santi menuturkan penanganan pandemi membutuhkan peran dari semua pihak, termasuk masyarakat untuk kembali melakukan pencegahan dengan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

“Meski pemerintah tidak mewajibkan, tetapi kita tahu pencegahan yang dilakukan seperti apa (3M) maka kita terapkan itu. Kita saling mengingatkan satu sama lain,” tutur Guru Besar FKM Unair tersebut.

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat itu mengaku tren angka kasus Covid-19 mengalami peningkatan. Melihat perjalanan kasusnya, setiap hari besar, seperti lebaran selalu ada kenaikan.

“Kemungkinan kasus naik bisa terjadi. Itu yang harus kita pahami sekarang, tidak perlu panik dan harus waspada,” katanya.

Pemerintah juga harus menyiapkan puskesmas siaga untuk melakukan antisipasi. Penyakit seperti influenza tidak bisa diremehkan.

Pakar Kesehatan Masyarakat Prof Dr Santi Martini ingatkan masyarakat tentang 3M menjelang libur Nataru mencegah peningkatan kasus Covid-19.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News