Sebabkan Banjir, Pemkot Surabaya Bakal Bongkar Bangunan yang Tutupi Saluran Air

Sabtu, 09 Desember 2023 – 14:40 WIB
Sebabkan Banjir, Pemkot Surabaya Bakal Bongkar Bangunan yang Tutupi Saluran Air - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat melakukan sidak di kawasan Dukuh Kupang yang sempat banjir karena hujan deras. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal membongkar bangunan yang menutupi saluran air yang menyebabkan masalah banjir tak kunjung teratasi.

Adapun bangunan yang dibongkar itu berada di kawasan Dukuh Kupang yang sempat mengalami banjir tak kunjung surut.

"Mau tidak mau harus dibongkar. Kami akan kembalikan lagi fungsinya," ujar Wali Kota Eri Cahyadi.

Hal tersebut dilakukan setelah Eri menemukan banyak saluran air tertutup rumah warga di kawasan tersebut. Banyak saluran air mengecil menjadi penyebab banjir ketika hujan deras.

“Mayoritas rumah di kawasan ini bangunannya menutupi saluran. Ada saluran yang mengecil, itu karena ada (bangunan) rumah di tengah-tengahnya,” katanya.

Pihaknya juga berencana memotong jalur air melalui jalan utama untuk disalurkan menuju ke sungai agar air tidak sampai melewati perkampungan warga.

“Nantinya kami potong (alirannya) melewati jalan, yang perkampungan, salurannya kami betulkan juga dikasih box culvert. Rumah-rumah yang bangunannya di atas saluran itu dibongkar,” ucapnya.

Setelah proses perencanaan pembangunan selesai didiskusikan bersama RT/RW, akan segera dilakukan proses lelang.

Pemkot Surabaya berencana membongkar bangunan yang menutupi saluran air untuk dikembalikan ke fungsinya agar tidak menyebabkan banjir.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News