Hujan Akibatkan Banjir di Dukuh Kupang dan Simo, Begini Kata Wali Kota Eri

Jumat, 08 Desember 2023 – 22:47 WIB
Hujan Akibatkan Banjir di Dukuh Kupang dan Simo, Begini Kata Wali Kota Eri - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Hujan deras yang mengguyur Kota Surabaya pada Kamis (7/11) mengakibatkan sejumlah titik mengalami banjir parah hingga se dada orang dewasa. Salah satunya di daerah Dukuh Kupang dan Simo.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kawasan tersebut mengalami banjir.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan faktor pertama adalah rata-rata rumah di kawasan tersebut berada di cekungan (lebih rendah ketimbang jalan) sehingga air hujan langsung menggenangi.

“Kalau dilihat tempatnya, itu tinggi langsung turunnya curam. Di Dukuh Kupang sama Banyu Urip banyak seperti itu. Jadi, kalau di jojlokan (tempat lebih rendah) itu emang buangan dari atas,” kata Eri ditemui, Jumat (8/12).

Faktor kedua, saluran air yang berubah fungsi. Dia mencotohkan seperti di Jalan Kartini, dahulu digunakan sebagai rumah, sekarang berubah menjadi restoran.

Ada perubahan limbah yang dihasilkan yang dahulu limbah rumah tangga menjadi limbah restoran dan dibuang di saluran yang sama.

Pemilik restoran itu, kata Eri, diwajibkan untuk membuat tempat pengelolaan khusus limbah sebelum dibuang ke saluran.

“Itu yang saya minta ke teman-teman untuk datang ke pemiliknya, untuk membuat saluran dan pembuangan limbah yang benar. Mereka wajib membuat limbah itu ketika dibuang tidak lagi menjadi keras yang menghalangi saluran sehingga salurannya harus tetap bersih,” katanya.

Wali Kota Eri beberkan penyebab banjir di kawasan Dukuh Kupang dan Simo usai hujan deras
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News