Diguyur Hujan 1 Jam Lebih, Wilayah Pujon Malang Dilanda Banjir

Kamis, 30 November 2023 – 10:05 WIB
Diguyur Hujan 1 Jam Lebih, Wilayah Pujon Malang Dilanda Banjir - JPNN.com Jatim
Foto arsip. Kendaraan melintas di Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (9/3) pascabanjir luapan yang terjadi di wilayah tersebut. ANTARA/Vicki Febrianto.

jatim.jpnn.com, MALANG - Banjir luapan terjadi di wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang diakibatkan sumbatan sampah pada saluran drainase saat hujan dengan intensitas sedang melanda kawasan setempat.

Kabid Darlog BPBD Kabupaten Malang Sadono Irwan mengatakan banjir luapan itu terjadi pukul 13.00 WIB di Desa Pujon Lor, Kecamatan Pujon.

"Bencana banjir dilaporkan terjadi di wilayah Dusun Krajan, Desa Pujon Lor, akibat saluran drainase tersumbat," kata Sadono, Rabu (29/11).

Sadono menjelaskan banjir di kawasan yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut bermula saat diguyur hujan dengan intensitas sedang selama satu setengah jam.

Hujan tersebut mengguyur Jalan Brigjen Abdul Manan tersebut menyebabkan kenaikan debit air pada aliran Sungai Baluh. Saluran drainase yang tersumbat, tidak mampu menampung debit air saat itu.

"Air meluap ke jalan raya dan permukiman warga di Dusun Krajan, dengan ketinggian air mencapai satu meter," ujarnya.

Banjir akibat saluran drainase tertutup sampah menyebabkan empat rumah di wilayah Dusun Krajan, Desa Pujon Lor, terdampak. BPBD Kabupaten Malang memastikan tidak ada korban jiwa.

"Ada empat rumah terdampak, dengan 14 orang terdampak. Tidak ada korban jiwa," tuturnya.

Sumbatan sampah pada saluran drainase saat hujan melanda Pujon dalam kurun waktu satu jam setengah menyebabkan banjir.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News