Khofifah Dukung Korporasi Terapkan Energi Baru, Kurangi Ketergantungan Fosil

Minggu, 03 Desember 2023 – 08:03 WIB
Khofifah Dukung Korporasi Terapkan Energi Baru, Kurangi Ketergantungan Fosil - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur resmikan 10.550 panel surya milik PT HM Sampoerna di Pasuruan. Foto: Source JPNN

jatim.jpnn.com, PASURUAN - Sebanyak 10.550 panel surya yang dipasang di kawasan fasilitas produksi PT HM Sampoerna Pasuruan diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (2/12).

Mantan Menteri Sosial tersebut memberikan apresiasi kepada Sampoerna dalam mewujudkan keberlanjutan lingkungan dan mengurangi ketergantungan pada energi fosil bertahap.

Menurutnya, upaya konversi Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui panel surya yang setara tujuh Megawatt peak (MWp) itu mendukung transformasi ekonomi hijau yang terus dilakukan di Indonesia.

“Seluruh stakeholder di Jawa Timur ada komitmen dalam gerakan tersebut, termasuk di dalamnya yang sudah dilakukan oleh Sampoerna melalui upaya ini,” ujar Khofifah.

Khofifah menambahkan komitmen dari berbagai pihak tidak akan lengkap, tanpa dukungan dari upaya Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur, serta Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

“Kami berharap korporasi lain mengikuti jejak yang dilakukan oleh Sampoerna. Saat ini semua pihak saat ini sedang bergerak ke Green Economy,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Pasuruan Andriyanto menambahkan ketika sektor industri bergerak ke bidang sektor hijau maka efisiensi energi bisa dilakukan. 

“Pemanfaatan energi alam yang dibangun melalui panel surya bisa menjadi titik balik sumber daya energi di Pasuruan. Tujuannya memastikan sebuah masa depan yang lebih baik serta bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Andriyanto. (mcr23/jpnn)

Gubernur Khofifah resmikan 10.550 panel surya milik PT HM Sampoerna di Pasuruan yang bertujuan mengurangi ketergantungan energi fosil

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News