Gubernur Khofifah Tinjau Bandara Kediri yang Akan Segera Beroperasi

Jumat, 01 Desember 2023 – 14:58 WIB
Gubernur Khofifah Tinjau Bandara Kediri yang Akan Segera Beroperasi - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau Bandara Internasional Dhoho di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat (1/12/2023).Bandara ini direncanakan tidak lama lagi beroperasi. ANTARA/ Asmaul

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyaksikan langsung Bandara Kediri yang tidak lama lagi akan beroperasi, Jumat (1/12).

Dia menilai kehadiran bandara tersebut tentunya bisa mendorong pergerakan baik ekonomi, pendidikan, budaya hingga interaksi antarbangs.

Itu karena bandara tersebut disiapkan sebagai bandara internasional. Dengan runway atau panjang landasan pacu 3.300 meter x 45 meter, bandara ini mampu didarati pesawat terbesar B777-300ER.

Khofifah mengatakan nantinya juga ada berbagai infrastruktur penunjang, termasuk tol Kediri-Tulungagung.

Dia menilai lembaga pendidikan setempat pun harus meningkatkan outcome SDM yang pastinya dibutuhkan untuk menghadapi interaksi global internasional di wilayah Kediri Raya itu.

Oleh karena itu, dia meminta agar hadirnya bandar udara ini bisa menjadi kekuatan untuk bisa memberikan ruang dan harapan baru terutama untuk milenial di sekitar Kediri raya.

"Kekuatan yang dimiliki oleh seluruh SDM di Kediri Raya dan mataraman akan bertemu di titik komprehensif dan memberikan harapan ke depan," kata dia.

Pihaknya juga mengapresiasi pembangunan bandara ini. Di tempat ini banyak ikonik yang ditambahkan, nuansa local wisdom juga kuat, seperti patung Airlangga, ada gambar Gunung Wilis, Gunung Klotok (536 mdpl) dan gambar lainnya.

Bandara Kediri diperkirakan akan mulai beroperasi pada akhir tahun ini. Infrastruktur penunjang pun tengah disiapkan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News