Situs Ditemukan di Dekat Bandara Kediri, Kemungkinan Pemandian Era Kerajaan

Selasa, 24 Oktober 2023 – 21:11 WIB
Situs Ditemukan di Dekat Bandara Kediri, Kemungkinan Pemandian Era Kerajaan - JPNN.com Jatim
Petugas melakukan ekskavasi di lokasi penemuan struktur bangunan kuno di Desa/Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur, Selasa (24/10/2023). (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/nym)

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Sebuah situs ditemukan berada di dekat Bandar Udara (Bandara) Dhoho Kediri. Lokasi tepatnya di Dusun Tanjungan, Desa/Kec. Grogol, Kabupaten Kediri.

Tim dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI pun melakukan ekskavasi di lokasi situs tersebut.

Koordinator ekskavasi dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Muhammad Ikhwan mengutarakan tim arkeolog mendapati struktur batu yang memanjang dari utara ke selatan.

"Kami dapatkan bahwa denahnya seperti huruf U dengan dinding barat, selatan, dan timur kemudian di dinding selatan bawah ada lubang. Kalau jenisnya, itu patirtan (pemandian)," katanya, Selasa (24/10).

Ikhwan memerinci luas struktur tersebut sekitar 12 meter x 12 meter dengan batu penyusun berukuran panjang 33 cm dan lebar 22 cm.

Pihaknya belum bisa memastikan periodisasi patirtan tersebut, tetapi ukuran batu bata di struktur tersebut biasa digunakan pada zaman Kerajaan Kadiri ataupun Majapahit.

"Batu bata yang panjangnya 33 cm dan lebarnya 22 cm itu umum juga dari Kadiri, Majapahit juga ada. Namun, kami belum bisa pastikan eranya," ujar Ikhwan.

Dia menyampaikan bahwa tim arkeolog Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI yang beranggotakan 10 orang akan melakukan ekskavasi di Dusun Tanjung hingga Rabu (25/10).

Tim arkeolog mengebut ekskavasi situs di dekat Bandara Dhoho Kediri sebelum musim hujan tiba dan mengakibatkan lokasi itu tergenang air.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News