Warga Pamekasan Waspada Potensi Cuaca Esktrem Pancaroba

Rabu, 29 November 2023 – 09:04 WIB
Warga Pamekasan Waspada Potensi Cuaca Esktrem Pancaroba - JPNN.com Jatim
Dokumen kegiatan penanggulangan bencana BPBD Pemkab Pamekasan Jawa Timur. (ANTARA/HO-BPBD Pamekasan).

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan menyampaikan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem pancaroba yang berpotensi terjadi di wilayah setempat dalam beberapa hari ke depan.

Koordinator TRC BPBD Pemkab Pamekasan Budi Cahyono mengatakan sesuai dengan hasil prakiraan BMKG, cuaca ekstrem di musim pancaroba berpotensi terjadi hingga 2 Desember 2023.

"Rilis yang disampaikan BMKG kepada BPBD Pamekasan perlu kami sebarluaskan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan," kata Budi tertulis, Selasa (28/11).

Sesuai dengan informasi yang disampaikan BMKG, cuaca ekstrem berpotensi terjadi hampir di semua kabupaten/kota di Jatim, termasuk Kabupaten Pamekasan dan tiga kabupaten lain di Madura, yakni Sumenep, Sampang, dan Bangkalan.

Penyebabnya, berdasarkan analisis utara di atas wilayah Jatim menunjukkan kondisi atmosfer yang labil dan cukup basah. Selain itu, diperkirakan terdapat gangguan atmosfer yang melintasi wilayah Jatim secara bergantian.

"Kondisi ini yang menurut BMKG berpotensi menyebabkan pertumbuhan awan cumulonimbus yang berpotensi menimbulkan cuaca ekstrem," ujarnya.

Potensi cuaca ekstrem, kata Budi, akibat gangguan atmosfer tersebut berpotensi hingga 2 Desember 2023 sehingga TRC Kabupaten Pamekasan mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan.

"Apabila bepergian dan dalam perjalanan terjadi hujan deras yang disertai angin kencang lebih baik menepi, untuk keselamatan," tuturnya

BPBD Pamekasan menyampaikan peringatan dini terkait potensi cauca ekstrem pancaroba yang terjadi hingga 2 Dsember 2023.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News