Masuki Pancaroba, Warga Ponorogo Harap Waspadai Potensi Bencana Alam

Senin, 27 November 2023 – 22:35 WIB
Masuki Pancaroba, Warga Ponorogo Harap Waspadai Potensi Bencana Alam - JPNN.com Jatim
Dok - Petugas memeriksa salah satu bangunan rumah warga yang rusak terdampak bencana angin kencang di Ponorogo. (ANTARA/HO - BPBD Ponorogo)

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Masyarakat Ponorogo diimbau untuk meningkatkan kesiagaan mengantisipasi potensi bencana seiring perubahan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan.

"elalu berhati-hati dan waspada terhadap kondisi pancaroba seperti sekarang ini, terutama (bencana) angin kencang, tanah longsor, dan petir," kata Kepala Pelaksana BPBD Ponorogo Masun, Senin (27/11).

Imbauan tersebut dilatarbelakangi atas beberapa kali bencana yang terjadi dalam sepekan seiring perubahan cuaca.

Seperti pada 23 November lalu, terjadi longsor di Ponorogo. Selang dua hari, terjadi angin kencang.

"Memang prediksi BMKG saat ini masuk musim peralihan cuaca dari kemarau ke hujan," ujarnya.

Untuk bencana angin kencang yang terjadi di Dukuh Tugunongko, tercatat ada 29 rumah warga yang mengalami kerusakan mulai berat hingga sedang.

Perinciannya, 25 rumah mengalami kerusakan ringan, sedangkan empat bangunan berupa rumah, kios, kandang, garasi mengalami kerusakan sedang.

"Memang yang rusak di bagian atap rumah. Yang agak berat itu yang empat itu tadi meski sama sama di bagian atap," tutur Masun.

Sejumlah bencana alam seperti tanah longsor dan angin kencang tercatat beberapa kali terjadi di Ponorogo selama sepekan ini.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News