Pembebasan Lahan Tol Kediri-Kertosono Tinggal 2 Persen Lagi

Senin, 27 November 2023 – 22:56 WIB
Pembebasan Lahan Tol Kediri-Kertosono Tinggal 2 Persen Lagi - JPNN.com Jatim
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana di Kediri, Jawa Timur. ANTARA/ HO-Pemkab Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Pembebasan lahan untuk proyek strategis nasional (PSN) Tol Kediri-Kertosono sebagai penunjang Bandara Kediri saat ini tinggal dua persen.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Kediri Sukadi, Senin (27/11).

Dia mengungkapkan pembebasan lahan sudah dilakukan. Umumnya, pemilik lahan setuju dengan besaran ganti rugi hasil perhitungan yang dilakukan appraisal.

"Pembebasan lahan sudah klir setuju 98 persen, tinggal 2 persen," kata Sukadi.

Dia menerangkan ada 484 bidang lahan yang tersebar di lima desa di Kabupaten Kediri dan dilewati pembangunan tol Kediri-Kertosono.

Lima desa tersebut, yakni Desa Banyakan, Ngablak, Maron dan Sendang yang berada di Kecamatan Banyakan. Selain itu, Desa Bakalan yang berada di Kecamatan Grogol.

"Dua persen itu kemarin ada di Bakalan sedikit, di Ngablak itu ada enam bidang," ujar dia.

Pihaknya juga menyampaikan saat ini masih proses menyelesaikan pembebasan itu. Tim melakukan identifikasi ulang item di atas lahan yang sebelumnya belum terdata.

Sebagai penunjang Bandara Kediri, kehadiran Tol Kediri-Kertosono esensial sehingga pemkab setempat bergegas untuk menuntaskan pembebasan lahannya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News