Kecelakaan Kereta Vs Minibus di Lumajang Karena Lintasan Tak Berpalang

Senin, 20 November 2023 – 21:37 WIB
Kecelakaan Kereta Vs Minibus di Lumajang Karena Lintasan Tak Berpalang - JPNN.com Jatim
Kondisi minibus usai tertabrak KA Probowangi di Kabupaten Lumajang. Foto: X @sahabat_kereta

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Kecelakaan kereta api (KA) Probowangi yang menabrak minibus jenis elf di pelintasan kawasan Kecamatan Klakah, Lumajang karena tak adanya palang pintu kereta.

“Kejadiannya di pelintasan sebidang KA tanpa palang pintu,” kata Kapolres Lumajang AKBP Boy, Senin (20/11).

Pihaknya telah melakukan pemeriksaan kepada empat orang saksi, termasuk petugas persimpangan pelintasan kereta api tanpa pintu.

“Kami juga akan melakukan pemeriksaan kepada pihak KAI dari masinis yang kemarin mengendarai seperti apa situasi yang sebenarnya,” ujar perwira melati dua tersebut.

Humas KAI Daop 9 Jember Anwar mengatakan setelah kecelakaan yang menewaskan 11 orang itu, pihaknya melakukan pemasangan patok besi sebagai upaya peningkatan keselamatan di pelintasan tersebut.

Tujuannya untuk mempersempit akses jalan yang ada di lokasi. Harapannya, setiap pengguna jalan yang akan melintasi pelintasan kereta itu sempat melakukan pengereman terlebih dahulu sehingga tidak langsung menyeberang.

“Jadi, mereka ada waktu untuk tengok kanan dan kiri untuk memperhatikan kereta api yang melintas,” tutur Anwar.

Dia menjelaskan di lokasi kecelakaan itu, sebenarnya telah dilakukan peninjauan oleh PT KAI Dirjen Perkeretaapian dan juga Dishub Lumajang pada 8 November lalu.

Kecelakaan kereta vs minibus terjadi di pelintasan sebidang di Kecamatan Klakah, Lumajang. PT KAI beri penjelasan berikut.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News