Kenali Ciri-Ciri Anak Cerdas Istimewa Pada Usia Dini

Kamis, 16 November 2023 – 11:06 WIB
Kenali Ciri-Ciri Anak Cerdas Istimewa Pada Usia Dini - JPNN.com Jatim
Dosen Fakultas Psikologi Ubaya Dr Evy Tjahjono menjelaskan ciri-ciri anak punya karakteristik cerdas istimewa yang bisa dideteksi sejak dini. Foto: Humas Ubaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Anak cerdas istimewa (gifted children) kerap mendapat label negatif karena memiliki karakter khusus yang berbeda dengan teman sebayanya.

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) Dr Evy Tjahjono menjelaskan ciri-ciri anak punya karakteristik cerdas istimewa yang bisa dideteksi sejak dini. 

Evy mengatakan karakteristik anak cerdas istimewa bisa dilihat dari segi motorik, berpikir dan belajar, berbahasa, kreativitas, motivasional, serta emosional, dan sosial. 

Seorang anak yang lincah dan gemar mengeksplorasi lingkungannya secara fisik dan memiliki energi berlebihan dapat menjadi indikasi. 

“Gifted children juga memiliki ingatan luar biasa dan kemampuan belajar yang sangat cepat daripada anak pada umumnya. Dari segi berbahasa, mereka sering menggunakan kalimat dan kosakata yang kompleks dan senang menciptakan sajak juga cerita,” ujar Evy tertulis, Kamis (16/11).

Anak cerdas istimewa juga menghasilkan banyak ide secara spontan. Mereka sangat menyukai tantangan dan banyak bertanya. 

“Mereka punya daya tahan kerja tinggi menghadapi tugas rumit, cepat mengenali masalah, dan berusaha berprestasi sebaik mungkin pada bidang yang diminati,” katanya.

Dekan Fakultas Psikologi Ubaya itu juga menjelaskan karakteristik dari segi emosional dan sosial. 

Dosen Fakultas Psikologi Ubaya membeberkan cara mendeteksi ciri anak cerdas istimewa pada usia dini.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News