Sidoarjo Menjadi Satu-Satunya Kabupaten di RI yang Punya RS Kelas A, Salut!

Rabu, 15 November 2023 – 07:53 WIB
Sidoarjo Menjadi Satu-Satunya Kabupaten di RI yang Punya RS Kelas A, Salut! - JPNN.com Jatim
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (berpeci) saat menerima izin RSUD Sidoarjo menjadi RS kelas A dari Kemenkes RI. Foto: dok. Pemkab Sidoarjo

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Sidoarjo resmi menjadi kabupaten pertama sekaligus satu-satunya di tanah air yang memiliki rumah sakit daerah kelas A.

Hal tersebut setelah Kementerian Kesehatan secara resmi menerbitkan izin RSUD Sidoarjo menjadi RS kelas A dari sebelumnya Kelas B.

Rumah sakit Kelas-A sendiri merupakan rumah sakit rujukan utama dengan fasilitas yang dinilai lengkap dan memadai untuk menangani berbagai kondisi medis.

“Status rumah sakit Kelas-A ini membuktikan keseriusan Pemkab Sidoarjo dalam meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat," kata Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, Senin (13/11).

Gus Muhdlor, sapaannya, menjelaskan RSUD Sidoarjo kini mempunyai berbagai fasilitas dan layanan unggulan bagi pasien, termasuk SDM yang mumpuni baik dari dokter dan tenaga kesehatannya.

Selain meningkatkan mutu pelayanan di RSUD Sidoarjo, pemkab juga berencana membentuk holding rumah sakit milik Pemkab.

Selain RSUD Sidoarjo, kabupaten tersebut kini juga mempunyai RSUD Sidoarjo Barat yang baru berdiri tahun lalu.

"Itu mungkin juga menjadi yang pertama bagi kabupaten yang menerapkan sistem holding pada rumah sakitnya. Nantinya seluruh RS kami menjadi satu manajemen," ujarnya.

Nantinya, RSUD Sidoarjo harus bukan hanya untuk masyarakat Sidoarjo atau Surabaya Raya, tetapi juga harus menerima rujukan dari provinsi lain.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News