PT ESB dan Kemenparekraf Kolaborasi Digitalisasi UMKM Lewat Program Ken Arok

Sabtu, 11 November 2023 – 15:03 WIB
PT ESB dan Kemenparekraf Kolaborasi Digitalisasi UMKM Lewat Program Ken Arok - JPNN.com Jatim
PT ESB dan Kemenparekraf menjalin kerja sama untuk mendorong UMKM terdigitalisasi. Foto: Source for JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - PT Esensi Solusi Buana (ESB) mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terkait digitalisasi pelaku UMKM dan edukasi literasi keuangan, khususnya pengusaha pemula di bisnis kuliner.

Perusahaan teknologi untuk food and beverage (FnB) itu menyediakan software terintegrasi yang dirancang khusus untuk restoran, cloud kitchen, hingga warung makan.

VP Partnership & Government Relations ESB Yang Hira Idris mengatakan pihaknya berfokus ke industri kuliner.

“Kemenparekraf juga punya program Ken Arok, semacam program rantai pasok membantu kemitraan dalam sisi supplier dan bahan baku untuk diteruskan ke UMKM binaan Kemenparekraf dan Dinas Pariwisata seluruh daerah,” ujar Hira di Surabaya, Sabtu (11/11).

Hira menyebut perusahaannya memiliki teknologi software yang terintegrasi khusus untuk operasional bisnis kuliner.

Teknologi itu bisa meningkatkan laba bisnis kuliner melalui efisiensi waktu, biaya, dan layanan yang efektif untuk para pengguna ekosistem ESB.

“Sistem ESB membantu ujung ke ujung. Mulai order online, aplikasi kasir, sampai rantai pasok. Nantinya akan dikolektifkan di e-katalog sehingga UMKM mencapai pasar lebih luas,” katanya.

ESB memberikan edukasi terkait perencanaan bisnis dan manajemen keuangan. Selain itu, memahami peranan dan adopsi teknologi dalam mengembangkan bisnis untuk menjaga profitabilitas.

Kerja sama PT ESB dan Kemenparekraf membantu UMKM di Indonesia terdigitalisasi lewat program Ken Arok
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News