Kebakaran Lereng Gunung Lawu Sudah Padam, Tetapi Penyebabnya Masih Misterius

Jumat, 10 November 2023 – 16:41 WIB
Kebakaran Lereng Gunung Lawu Sudah Padam, Tetapi Penyebabnya Masih Misterius - JPNN.com Jatim
Ilustrasi: Tim gabungan saat melakukan proses pemadaman api di lereng Gunung Kawi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (8/11/2023). (ANTARA/HO-Humas Polres Malang)

jatim.jpnn.com, MALANG - BPBD Kabupaten Malang mengeklaim berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di lereng Gunung Kawi, Kec. Wagir.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan menyampaikan proses pemadaman api berhasil dilakukan pada Kamis (9/11) malam.

"Sudah padam kemarin," kata Sadono, Jumat (10/11).

Meskipun kebakaran sudah padam, BPBD Malang bersama masyarakat dan Perhutani setempat akan terus memantau untuk memastikan, apakah benar tidak ada lagi api yang muncul.

Menurut Sadono, seluruh personel dari tim gabungan BPBD Kabupaten Malang, TNI, Polri, dan berbagai unsur terkait lainnya sudah turun dari lereng Gunung Kawi, tepatnya pada area Batu Tulis Petak 193.

"Semua personel pemadaman sudah turun. Saat ini dilakukan pemantauan oleh rekan-rekan dari Perhutani," ujarnya.

Sayangnya, BPBD Malang belum memastikan penyebab kebakaran dan masih dalam penyelidikan. Adapun vegetasi yang terbakar, antara lain, cemara gunung dan semak belukar dengan luas area terdampak kebakaran mencapai 46 hektare.

Sadono menjelaskan petugas gabungan sempat kesulitan dalam operasi pemadaman mengingat medan cukup ekstrem. Area terdampak kebakaran berada di jurang dan bukti serta membahayakan tim pemadam.

Petugas gabungan berhasil memadamkan kebakaran di lereng Gunung Kawi, Kec. Wagir, Malang, semalam.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News