Hutan Gunung Lawu Kebakaran Lagi, Semoga Cepat Hujan di Sana!

Senin, 23 Oktober 2023 – 14:35 WIB
Hutan Gunung Lawu Kebakaran Lagi, Semoga Cepat Hujan di Sana! - JPNN.com Jatim
Dokumen kebakaran lahan dan hutan di Gunung Lawu. (ANTARA/HO-Hasan Sakri Gazali)

jatim.jpnn.com, MAGETAN - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi lagi di kawasan Gunung Lawu yang sebelumnya telah mereda. BPBD Jawa Timur pun kembali mengirimkan personel untuk membantu memadamkan.

Kalaksa BPBD Jawa Timur Gatot Soebroto sempat meninjau lokasi kebakaran hutan di wilayah Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Magetan, Minggu (22/10).

Dia mengungkapkan hutan Gunung Lawu kembali kebakaran seminggu terakhir. Kali ini, api membakar di wilayah sisi Magetan, tepatnya Petak 73B, RPH Sarangan, Desa Getasanyar, Kec Sidorejo.

Selain itu, api juga melalap Petak 51B-1, RPH Bedagung yang masuk wilayah Desa Ngiliran, Kecamatan Panekan, Magetan.

"Untuk luasan yang terdampak kebakaran Gunung Lawu saat ini masih dalam proses pendataan," kata Gatot dalam keterangannya.

Pada kesempatan ini, BPBD Jatim mengerahkan 24 personel pasukan pemadaman jalur darat. Selain itu, 22 personel dengan dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Kota Surabaya juga turut bergabung.

"Dalam tiga hari ini, tim gabungan jalur darat terus berfokus pada pembuatan ilaran atau sekat bakar guna mencegah perluasan kobaran api," ujar Gatot.

Hingga akhir pekan ini, total panjang ilaran (sekat bakar) yang telah dibuat mencapai sekitar 7.610 meter.

BPBD Jatim kembali mengerahkan puluhan personel untuk turut membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan Gunung Lawu yang kembali berkobar.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News