Sido Resik 2023, Gus Mudhlor: Mendorong Pengembangan Objek Wisata Sekitar Sungai

Kamis, 09 November 2023 – 21:39 WIB
Sido Resik 2023, Gus Mudhlor: Mendorong Pengembangan Objek Wisata Sekitar Sungai - JPNN.com Jatim
Sido Resik kembali digelar oleh Pemkab Sidoarjo. Ilustrasi: dok. Pemkab Sidoarjo

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mendukung partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan lingkungan. Salah satunya lewat lomba Sidoarjo Reitalisasi Kali (Sido Resik) 2023.

Lomba tersebut pertama kali digelar pada 2021. Tujuannya untuk memperbaiki kondisi sungai-sungai di Sidoarjo.

Kompetisi itu sudah diikuti puluhan desa yang mempunyai aliran sungai di Sidoarjo. Dalam dua kali penyelenggaraan lomba, partisipasi masyarakat terus meningkat.

“Masa depan sungai adalah tanggung jawab bersama dan itu ditentukan sikap kita. Tanpa warga, pemerintah tak bisa berbuat apa-apa, termasuk dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sungai,” kata Bupati Muhdlor, Selasa (7/11).

Gus Muhdlor, sapaan akrab bupati, menjelaskan ada beberapa tujuan dalam program lomba tersebut. Selain merestorasi sungai-sungai yang rusak, program itu diharapkan pula bisa memberikan pendidikan lingkungan kepada masyarakat.

Program Sido Resik juga sangat fokus pada mendorong partisipasi masyarakat dalam upaya revitalisasi sungai dan menumbuhkan ekonomi dengan menggali potensi wisata sekitar sungai.

“Program Sido Resik akan mendorong pengembangan objek wisata di sekitar sungai, seperti taman rekreasi, dan kegiatan olahraga air. Itu akan membuka peluang bisnis baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat,” ucapnya.

Program Sido Resik saat ini tengah berlangsung dan sudah terpilih 10 besar desa yang masuk nominasi. Selanjutnya desa-desa ini diberi waktu hingga akhir November untuk melaksanakan program revitalisasi dan perbaikan di sungai di desanya.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengharapkan program Sido Resik 2023 akan lebih meningkatkan kesadaran masyarakatnya akan kebersihan sungai.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News