Ubaya & Savy Amira Luncurkan Panduan Pencegahan Kekerasan Tingkat SMP di Surabaya

Senin, 30 Oktober 2023 – 17:08 WIB
Ubaya & Savy Amira Luncurkan Panduan Pencegahan Kekerasan Tingkat SMP di Surabaya - JPNN.com Jatim
(Dari kiri) Tim Ahli Bidang Pendidikan Walikota Isa Ansori, perwakilan guru SMPN 5 Surabaya, Kadispendik Kota Surabaya Yusuf Masruh, Inspektur II Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek Sutoyo, Dosen Psikologi Ubaya N.K. Endah Triwijati, dan Ketua Savy Amira Siti Mazdafiah menunjukkan buku Panduan PPK Tingkat SMP Surabaya, Senin (30/10). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) bekerja sama dengan Savy Amira dan Dinas Pendidikan Surabaya meluncurkan Panduan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (PPK) di Lingkungan Satuan Pendidikan tingkat SMP, Senin (30/10).

Peluncuran panduan itu merupakan tindak lanjut dari Permendikbud Ristek Nomor 46 tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

Dosen Fakultas Psikologi Ubaya Dr Endah Triwijati mengatakan pihaknya terlibat dalam proses penyusunan panduan sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat.

“Ini juga bisa menjadi bahan kerja sama kami dengan  Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dalam program Sekolah IDAMAN,” kata Tiwi sapaan akrab Triwijati.

Menurutnya, peluncuran panduan ini juga membuka kesempatan bagi fakultas-fakultas lain untuk terlibat dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan.

Sebelumnya, Ubaya dan Savy Amira telah memberikan pelatihan selama tiga jari kepada tim PPk di lima sekolah, yaitu SMPN 1 Surabaya, SMPN 15 Surabaya, SMPN 19 Surabaya, SMPN 22 Surabaya, dan SMPN 26 yang ditunjuk Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

“Untuk perancangan panduan PPK sebenarnya sudah kami jalankan sebelum terbitnya Permendikbud Ristek. Jadi, peluncuran buku panduan ini melengkapi apa yang telah kami lakukan untuk berkontribusi memperkuat sekolah damai nirkekerasan,” ujarnya.

Nantinya, buku ini juga akan diberikan kepada Fakultas Psikologi Ubaya sebagai bahan referensi. 

Ubaya Kolaborasi dengan Savy Amira Luncurkan Panduan Pencegahan Kekerasan Tingkat SMP di Surabaya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News