Kondisi Cuaca Pengaruhi Panen dan Harga Cabai Rawit di Surabaya

Rabu, 01 November 2023 – 10:35 WIB
Kondisi Cuaca Pengaruhi Panen dan Harga Cabai Rawit di Surabaya - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Harga cabai rawit di Kota Surabaya mengalami peningkatan karena menipisnya stok di pasaran akibat faktor cuaca. ANTARA/Ananto Pradana.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Menipisnya stok cabai rawit di Surabaya akibat kondisi cuaca. Hal itu menjadi pemicu kenaikan harga komoditas tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan faktor cuaca membuat cabai rawit gagal panen.

“Ini juga belum waktunya produksi lagi,” kata Antiek, Selasa (31/10).

Akibatnya jumlah ketersediaan cabai rawit mengalami penyusutan sehingga tidak bisa memenuhi tingginya permintaan dari pasar.

Sekalipun tersedia, harga yang didapatkan tergolong tinggi. Kondisi serupa dialami di beberapa daerah penyuplai untuk Surabaya, seperti Kediri, Pasuruan, Malang, dan Madura.

"Langkah dari pemkot kemarin mencari dari daerah sumber penghasilnya dan ternyata harganya sudah mahal dari daerah asalnya," ujarnya.

Kenaikan harga cabai rawit tak hanya terjadi di Kota Surabaya, tetapi di beberapa daerah lain juga mengalami kenaikan, seperti di Situbondo, Kediri, dan Jember.

"Kenaikan memang tidak di Surabaya saja," ucapnya

Kondisi cuaca menjadi pemicu kenaikan harga cabai rawit di Surabaya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News