Peringati HSN 2023, Santri Dukung Ganjar Latih Perempuan Surabaya Membuat Batik

Senin, 23 Oktober 2023 – 18:28 WIB
Peringati HSN 2023, Santri Dukung Ganjar Latih Perempuan Surabaya Membuat Batik - JPNN.com Jatim
Salah satu sukarelawan Santri Dukung Ganjar saat memberikan pelatihan kepada perempuan di Surabaya membuat batik tulis. Foto: Dok. sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) memperingati Hari Santri Nasional 2023 dengan memberikan pelatihan pembuatan batik tulis kepada perempuan di Surabaya.

Pelatihan yang menggandeng praktisi itu berlangsung di Majelis Amanatul Muslimah di Sukomanunggal pada Minggu (22/10).

Koordinator SDG Jatim Huriyahi mengatakan pelatihan tersebut merupakan implementasi program pengembangan perempuan dari sukarelawan Ganjar Pranowo bertajuk ‘Women Entrepreneur’.

Dengan pengetahuan dan keterampilan membatik yang mumpuni, para peserta pelatihan yang terdiri dari perempuan dan ibu-ibu majelis taklim bisa berdaya lewat geliat usaha batik tulis.

“Harapan perempuan dan ibu-ibu adalah, kegiatan ini bisa menunjang kegiatan ekonomi masyarakat. Selain lestari, batik ini menjadi komoditas ekonomi bagi perempuan,” kata Hurriyahi.

Dia menyebut pelatihan membatik ini juga merupakan upaya sukarelawan SDG untuk melestarikan kebudayaan dan warisan bangsa Indonesia. 

Menurutnya, di era kemajuan zaman banyak intervensi budaya luar. Dengan kegiatan itu, kebudayaan lokal seperti batik tulis tetap eksis di masyarakat dan dinikmati generasi selanjutnya.

“Batik ini juga merupakan warisan budaya masyarakat Indonesia. Para perempuan dan ibu-ibu majelis taklim sangat senang dengan kegiatan ini,” ujarnya.

Sukarelawan SDG Jatim memberikan pelatihan pembuatan batik tulis kepada perempuan di Surabaya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News