Kukuhkan Pengurus Pagar Nusa, Jokowi Soroti Tawuran Antarperguruan Silat

Minggu, 22 Oktober 2023 – 20:06 WIB
Kukuhkan Pengurus Pagar Nusa, Jokowi Soroti Tawuran Antarperguruan Silat - JPNN.com Jatim
Presiden Jokowi saat menghadiri pengukuhan pengurus Pimpinan Pusat Pagar Nusa di Lapangan Jala Krida Mandiri Surabaya. Foto: Pimpinan Pusat Pagar Nusa

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 80 pengurus Pimpinan Pusat Pagar Nusa periode 2023-2028 dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

Pengukuhan yang berlokasi di Lapangan Jala Krida Mandala Surabaya itu dihadiri oleh 15 ribu pendekar dari berbagai wilayah.

Kegiatan tersebut dimeriahkan oleh penampilan Nusa Wiraga, Nusa Wirama, dan Nusa Wirasa yang menjadi rangkaian penting penyelenggaraan.

Selain itu, NULight Orchestra dan penampilan koreografi silat memeriahkan agenda Ijazah Kubro dan Pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengajak agar para pendekar dan kader Pagar Nusa menjadi juru damai di tengah pelbagai konflik dan tawuran antarkelompok pesilat yang kerap tejadi.

“Saya titip kita semuanya harus menjaga jangan sampai yang sering kita baca, yantara perguruan pencak silat berantem, tetapi saya sakin Pagar Nusa tidak ada yang seperti itu. Justru menjaga, mendamaikan. Setuju?," kata Jokowi.

Dia mengucapkan selamat atas pengukuhan penyelenggaraan Ijazah Kubro dan Pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa masa khidmat 2023-2028 yang diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Hari Santri.

“Peringatan Hari Santri kita maknai sebagai mewariskan semangat Hari Santri hari kepada keluarga besar Pagar Nusa,” katanya.

Begini pesan Jokowi kepada pengurus Pimpinan Pusat Pagar Nusa periode 2023-2028 yang baru saja dikukuhkan
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News