Jadi Pembina Apel HSN 2023, Jokowi Ceritakan Asal-Usul Lahirnya Hari Santri

Minggu, 22 Oktober 2023 – 09:06 WIB
Jadi Pembina Apel HSN 2023, Jokowi Ceritakan Asal-Usul Lahirnya Hari Santri - JPNN.com Jatim
Presiden Joko Widodo saat membina apel saat peringatan Hari Santri Nasional 2023. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Presiden Joko Widodo menjadi pembina Apel Peringatan Hari Santri 2023 yang digelar di Monumen Tugu Pahlawan, Minggu (22/10).

Apel Peringatan Hari Santri 2023 itu diikuti oleh ribuan peserta serta dihadiri oleh beberapa menteri. Apel dimulai pukul 06.25 WIB.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan santri merupakan kekuatan dan fondasi bangsa. Hal itu sudah terbukti sejak zaman kemerdekaan.

“Indonesia merupakan penduduk muslim terbesar. Ada 36 ribu ponpes. Penentu keberhasilan bangsa, cita-cita bangsa,” kata Jokowi dalam sambutan.

Dia juga menceritakan lahirnya hari santri bermula saat dirinya mengunjungi salah satu pondok pesantren di Kota Malang pada 2015.

Saat itu, para kiai dan santri memberikan usulan untuk menentukan Hari Santri.

“Saat itu, belum presiden. Kemudian, setelah terpilih jadi presiden permohonan itu saya ingat betul. Menindaklanjuti hal itu, kami putusan penentuan Hari Santri lewat Keputusan Presiden 22/2015,” ujarnya.

Sejak saat itu, Hari Santri Nasional ditetapkan setiap 22 Oktober. Jokowi kemudian bertanya kepada seluruh peserta apel

Dalam sambutannya sebagai inspektur Apel Peringata Hari Santri 2023, Presiden RI Jokowi sebut santri bagian dari kekuatan dan fondasi bangsa.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News