16 Peguruan Silat Dilibatkan dalam Pengukuhan PP Pagar Nusa di Surabaya

Kamis, 19 Oktober 2023 – 20:35 WIB
16 Peguruan Silat Dilibatkan dalam Pengukuhan PP Pagar Nusa di Surabaya - JPNN.com Jatim
Ketua pelaksana Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito bersama Ketua Umum Pagar Nusa Muchamad Nabil Haroen atau Gus Nabil. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 16 perguruan silat akan dilibatkan dalam acara Ijazah Kubro dan Pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa di Lapangan Jala Krida Mandala, Surabaya, pada Minggu (22/10).

Kegiatan tersebut rencananya akan dihadiri oleh ribuan pendekar dari berbagai wilayah di Jawa Timur.

Ketua Pelaksana Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito mengatakan belasan perguruan silat itu dilibatkan sebagai pengamanan untuk mengawal perjalanan para pendekar menuju lokasi acara.

“Mereka akan mengawal pada tiap-tiap daerah disesuaikan tingkat kemungkinan gangguan bisa terjadi,” kata Ganip saat konferensi pers di Surabaya, Kamis (19/10).

Selain 16 perguruan silat, sebanyak 450 orang dari internal Pagar Nusa akan mengawal keamanan di lokasi acara dibantu dengan TNI dan Polri.

“Kalau seluruhnya wewenang pangdam atau komandan satuan wilayah,” ujarnya.

Dia menjelaskan ribuan peserta yang akan hadir di lokasi acara dipastikan akan menggunakan kendaraan massal seperti bus. Jika ada yang kedepatan membawa motor, mereka akan dipaksa untuk putar balik.

“Itu perintah ketum. Tidak diizinkan menggunakan motor karena potensi terjadi kecelakaan,” tuturnya.

Tingkatkan keamanan, Pagar Nusa libatkan 16 perguruan silat dalam kegiatan Ijazah Kubro dan Pengukuhan Pimpinan Pusat di Surabaya
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News