Di UM Malang, Ganjar Sebut Indonesia Masih Kalah dari Thailand Soal Ini

Senin, 16 Oktober 2023 – 18:06 WIB
Di UM Malang, Ganjar Sebut Indonesia Masih Kalah dari Thailand Soal Ini - JPNN.com Jatim
Bakal calon presiden Ganjar Pranowo (tengah) pada saat memberikan kuliah kebangsaan di hadapan mahasiswa baru Universitas Negeri Malang (UM) dan sejumlah universitas lain, di Kota Malang, Jawa Timur, Senin (16/10/2023). ANTARA/Vicki Febrianto.

jatim.jpnn.com, MALANG - Bacapres Ganjar Pranowo menunjukkan sejumlah potensi pariwisata Indonesia yang menjanjikan di hadapan mahasiswa baru Universitas Negeri Malang (UM) dan sejumlah perguruan tinggi lain.

Dalam kunjungannya ke UM, Ganjar menyebutkan bahwa Indonesia punya berbagai potensi pariwisata. Di antaranya yang berada di Jawa Timur, yakni wilayah Banyuwangi dan kawasan Gunung Bromo.

"Saya bertemu dengan mahasiswa baru dari UM. Kami membahas beberapa hal seperti potensi pariwisata, dunia digital, dan kondisi lingkungan," kata Ganjar.

Dia menjelaskan kontribusi sektor pariwisata terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia sebesar lima persen.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) PDB, atas dasar harga berlaku (ADHB) sektor pariwisata senilai Rp19.588,4 triliun.

Menurutnya, kontribusi sektor pariwisata Indonesia terhadap PDB masih berada di bawah Thailand yang tercatat sebesar 12 persen dan Spanyol mencapai 14 persen.

"Bagaimana kita menyiapkan (diri) dengan potensi yang ada, siap infrastruktur, dan SDM pariwisata, termasuk vokasi keterampilan wisata dan pemberdayaan kelompok sadar wisata (pokdarwis)," ucapnya. (antara/faz/jpnn)

Ada hal yang bersangkutan dengan potensi pariwisata, yang menurut Ganjar Pranowo, Indonesia masih kalah dari Thailand.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News