Kemendikbud Ristek Pilih 10 Cerita Panji Terbaik Kategori Anak-anak & Remaja

Sabtu, 14 Oktober 2023 – 18:36 WIB
Kemendikbud Ristek Pilih 10 Cerita Panji Terbaik Kategori Anak-anak & Remaja - JPNN.com Jatim
Salah satu peserta terbaik festival cerita panji kategori yang diadakan oleh Kemendikbud Ristek. Foto: Dok Kemendikbud Ristek

jatim.jpnn.com, MALANG - Sebanyak sepuluh cerita Panji kategori anak-anak dan sepuluh cerita Panji kategori remaja dinobatkan sebagai karya terbaik oleh Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud Ristek.

Terpilihnya 20 karya terbaik itu melalui festival pertunjukan cerita panji nasional untuk anak-anak dan remaja yang berlangsung di Studio Universitas Brawijaya (UB) TV pada 10-12 Oktober 2023.

Pamong budaya ahli muda dari Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Anny Veradiani mengatakan acara ini merupakan pra-festival sebelum tampil di Asean.

“Nantinya akan ada kolaborasi se-Asean untuk melakukan pertunjukan Panji, lalu kami di Indonesia menyelenggarakan di lima kota yang berkaitan dengan cerita Panji," kata Anni, Sabtu (14/10).

Anny mengatakan Cerita Panji merupakan cerita yang tercatat sebagai Memory of The World di Unesco ditetapkan pada tanggal 31 Oktober 2017. Tak hanya di Indonesia cerita ini juga dikenal di Asean.

"Ada 40 kelompok dengan total 600 peserta terdiri dari anak dan remaja pada pra-festival ini. Dari 40 kelompok kemudian disaring untuk tampil pada final sebanyak 20 kelompok," katanya.

Dia menjelaskan dalam festival ini tidak ada pemenang, tetapi sepuluh karya dipilih menjadi yang terbaik.

"Bentuknya pertunjukan. Jadi, kami apresiasi dari berbagai sisi. Kriteria umumnya dari performa, tema cerita, kostum, musik, penguasaan panggung, dan lainnya," jelasnya.

Kemendikbud Ristek gelar festival pertunjukan Cerita Panji Nasional untuk anak-anak dan remaja
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News