Jadi Tuan Rumah KDMI 2024, UC Siapkan Debat Jadi Ajang Berpikir Kritis & Kreatif

Selasa, 16 Juli 2024 – 13:37 WIB
Jadi Tuan Rumah KDMI 2024, UC Siapkan Debat Jadi Ajang Berpikir Kritis & Kreatif - JPNN.com Jatim
Konferensi pers Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2024 di Ciputra Hall Surabaya, Selasa (16/7). Foto: Arry Saputra/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Universitas Ciputra (UC) menjadi tuan rumah Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2024 yang diagendakan pada 16-21 Juli 2024.

Head Student Affairs UC Novi Rosita, S.Psi., M.M., mengatakan kegiatan itu merupakan kali pertama kampusnya menjadi tuan rumah untuk kompetisi bergengsi dari Kemendikbud Ristek.

"Selama lima bulan ini kami mempersiapkan fasilitas untuk pelaksanaan KDMI. Kami melibatkan 262 mahasiswa untuk menyambut 108 universitas sebagai finalis dalam ajang ini," ujar Novi, Selasa (16/7).

Menurutnya, lomba debat itu sangat bagus untuk melatih kecepatan berpikir kritis, ketepatan menganalisis, menemukan solusi, dan kecakapan menyampaikan pandangan ke publik.

Jadi Tuan Rumah KDMI 2024, UC Siapkan Debat Jadi Ajang Berpikir Kritis & Kreatif

Pembukaan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2024 di Ciputra Hall Surabaya, Selasa (16/7). Foto: Source for JPNN

Sementera itu, Staf Ahli Menteri Bidang Manajamen Talenta Nasional Kemendikbud Ristek Tatang Mutaqin, Ph.D menjelaskan KDMI kali ini mengusung tema 'Jujur itu Juara'. Dalam debat nantinya para peserta akan menjunjung tinggi kejujuran dalam pelaksanaannya.

"Penilaian selain untuk tim, ada individual, lalu penilaiannya dari segi pengetahuan, komposisi debat, penguasaan menjawab soal," jelas Tatang.

UC menjadi tuan rumah KDMI 2024 menyiapkan 262 panitia untuk menyambut 108 universitas sebagai finalis dalam ajang tersebut.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News