Mengenal Tumor Otak, Penyakit Mematikan Tak Pandang Usia & Gender

Rabu, 11 Oktober 2023 – 22:21 WIB
Mengenal Tumor Otak, Penyakit Mematikan Tak Pandang Usia & Gender - JPNN.com Jatim
dokter spesialis bedah saraf rumah sakit national hospital Dr. Irwan Barlian Immadoel. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Penyakit tumor otak bisa menyasar usia anak-anak hingga dewasa dan tak memandang jenis kelamin.

Dokter Bedah Saraf RSUD dr Soetomo dan National Hospital Surabaya, Dr dr Irwan Barlian Immadoel Haq SpBS (K), memaparkan tumor otak yang menyerang anak-anak cenderung bersifat ganas.

"Umumnya ditemukan di otak kecil, tepatnya di batang otak tengah. Sampai sekarang, itu belum diketahui penyebabnya," ujar Dr Irwan ketika ditemui di National Hospital Surabaya, Rabu (11/10).

Adapun tumor otak pada usia dewasa muda sampai tua terdapat beberapa kriteria. Begitu pula, tumor otak yang mengidap wanita dan laki-laki memiliki jenis yang bermacam-macam.

"Kasus terbanyak pasien perempuan rata-rata mengidap meningioma yang menyerang wanita usia 40 tahun ke atas. Kalau secara angka, perempuan 2 berbanding 1 laki-laki," tuturnya.

Untuk pasien laki-laki, mereka biasanya terkena glioblastoma tumor ganas yang umumnya menyerang pria usia lebih dari 60 tahun. Jarang sekali perempuan yang terkena penyakit ini.

"Faktor munculnya tumor bisa berbeda-beda. Karakteristiknya bisa berhubungan dengan hormon apabila jenisnya meningioma, seperti hormon estrogen dan progesteron," ucapnya.

Dari segi teori, Dr Irwan menilai ada perubahan pada karakter sel jaringan di struktur otak.

Terpapar radiasi tinggi hingga faktor genetik dapat memicu munculnya penyakit tumor otak. Simak penjelasan dokter ini.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News