Sukarelawan G-Creasi Latih Petani di Probolinggo Buat Insektisida Alami

Senin, 09 Oktober 2023 – 12:37 WIB
Sukarelawan G-Creasi Latih Petani di Probolinggo Buat Insektisida Alami - JPNN.com Jatim
Sukarelawan G-Creasi saat memberikan pelatihan insektisida alami kepada para petani di Probolinggo. Foto: Dok. Sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, PROBOLINGGO - Generasi Alumni Muda UB-ITS-Unair yang tergabung dalam sukarelawan Ganjar Creasi (G-Creasi) menggelar pelatihan pembuatan insektisida alami untuk mengedukasi petani.

Pelatihan itu menyadar petani padi, jagung, bawang, cabai di Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo pada Minggu (8/10).

Koordinator G-Creasi Probolinggo Anwar As Sidiq mengatakan pelatihan itu bertujuan membantu para petani ihwal pupuk alternatif pengganti pupuk kimia.

“Kami mengajarkan cara pembuatan insektisida alami dari bawang putih dan kulit bawang merah. Tujuannya untuk mengurangi insektisida kimia,” ujar Anwar.

Para pendukung Ganjar Pranowo itu menghadirkan pemateri yang menggagas ide penggunaan bahan-bahan alami sebagai dasar pembuatan insektisida.

Mereka juga mempraktikkan secara langsung cara pembuatan insektisida alami di hadapan para petani dengan bahan-bahan yang telah disediakan.

Para petani pun terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan pembuatan insektisida alami dari sukarelawan G-Creasi itu.

"Sambutan warga sangat baik. Terlihat dari antusias mereka dan pertanyaan-pertanyaan mereka," ucapnya.

Sukarelawan G-Creasi melatih petani menbuat insektisida alami untuk menghemat biaya pertanian.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News