Sukarelawan G-Creasi Kenalkan Kopi Andalan dari Jombang Excelsa

Sabtu, 30 September 2023 – 22:00 WIB
Sukarelawan G-Creasi Kenalkan Kopi Andalan dari Jombang Excelsa - JPNN.com Jatim
Pengenalan kopi excelsa kepada anak muda di Jombang dari sukarelawan Ganjar Creasi. Foto: Dok. Sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, JOMBANG - Jombang memiliki kopi hasil produk lokal bernama Excelsa atau biasa disebut kopi asisa. Hal ini belum banyak diketahui kalangan anak muda. 

Saat dikenalkan oleh sukarelawan Generasi Alumni Muda UB-ITS-Unair Bersama Ganjar (G-Creasi) para pemuda tersebut sangat antusias. 

Koordinator G-Creasi Jombang M Gaffari mengatakan excelsa merupakan salah satu jenis kopi terbaik di Jatim. Selain itu, menjadi varietas kopi paling banyak tumbuh di sekitar lereng Gunung Anjasmoro.

“Excelsa ini merupakan biji kopi terbaik kedua di Jatim, produk asli Jombang. Banyak anak yang sekadar minum tanpa tahu asal-usul dan value di balik secangkir kopi yang diminum,” kata Gaffari, Sabtu (30/9).

Dia berharap para peserta makin mengenal kopi excelsa sebagai salah satu produk lokal kebanggan Jombang dan bisa mempromosikan kopi tersebut kepada teman-temannya.

"Harapannya mereka menjadi lebih bangga dan turut mempromosikan produk kopi lokal di daerah mereka. Biji kopi excelsa dari Jombang,” ujarnya.

Salah satu peserta workshop bernama Ghozi mengaku kopi excelsa masih asing bagi dirinya yang memiliki usaha warung kopi (warkop).

"Saya baru tahu tentang kopi excelsa ini yang dari (daerah) Wonosalam. Kemudian baru nyobain ini tadi, ternyata rasanya enak. Cocok juga buat saya," tuturnya. 

Sukarelawan G-Creasi memperkenalkan kopi nomor dua di Jatim dari Jombang bernama Excelsa kepada anak muda.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News