Petebu Ganjar Bakti Sosial Bantu Warga Nganjuk Normalisasi Saluran Irigasi Sawah

Senin, 02 Oktober 2023 – 20:30 WIB
Petebu Ganjar Bakti Sosial Bantu Warga Nganjuk Normalisasi Saluran Irigasi Sawah - JPNN.com Jatim
Petebu Ganjar yang melakukan bakti sosial normalisasi irigasi sawah di Desa Banjarsari, Nganjuk. Foto: Dok. Sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, NGANJUK - Ratusan sukarelawan Petani Tebu Bersatu (Petebu) Dukung Ganjar berkumpul bersama warga melaksanakan bakti sosial untuk normalisasi irigasi sawah.

Kegiatan itu berlangsung di area persawahan Desa Banjarsari, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk pada Minggu (1/10).

Koordinator Petebu Ganjar Taryono mengatakan bakti sosial bersama warga itu bertujuan membersihkan saluran pengairan sawah yang fungsinya kurang optimal lantaran musim kemarau.

“Melihat situasi hari ini semua bahan pokok mahal maka kota fokus pada irigasi saluran yang mana nanti petani biar bergairah lagi," ujar Taryono, Senin (2/10).

Apabila saluran itu optimal setelah dibersihkan maka tak kurang dari 15 hektare area persawahan akan teraliri air kembali secara normal.

Setelah saluran dinormalisasi para petani bisa langsung beraktivitas lagi di sawahnya dan menghidupkan kembali lahan-lahan yang kekeringan.

"Yang bersihkan kurang lebih mencapai sepuluh sampai 15 hektare. Kalau saluran ini tembusnya kurang lebih 50 hektare, untuk yang Desa Banjarsari saja, belum desa yang lain," jelasnya.

Selama ini, dalam sistem irigasi para petani di Desa Banjarsari masih mengandalkan mesin diesel yang kapasitasnya kurang dalam mengalirkan air ke area persawahan.

Sukarelawan Petebu Ganjar membantu petani di Desa Banjarsari Nganjuk menormalisasi irigasi sawah.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News