Unair Tempati Posisi Kedua Nasional Versi World University Ranking

Senin, 02 Oktober 2023 – 16:22 WIB
Unair Tempati Posisi Kedua Nasional Versi World University Ranking - JPNN.com Jatim
Unair menempati posisi kedua nasional menurut pemeringkatan versi THE World University Ranking 2024. Ilustrasi Kampus Universitas Airlangga Surabaya. (ANTARA/HO-Humas Unair)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Unair menempati peringkat dua nasional berdasarkan pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University Ranking (WUR) 2024.

"Sementara pada kancah internasional, Unair menduduki peringkat 1.201-1.500," kata Rektor Unair Prof Moh Nasih dalam keterangannya, Senin (2/10).

Dalam pemeringkatan THE WUR, terdapat beberapa indikator penilaian, antara lain pengajaran, penelitian meliputi ekosistem dan kualitasnya, industri, serta proporsi mahasiswa internasional.

Menurut Nasih, Unair unggul pada proporsi mahasiswa internasional (international outlook) dengan skor 57,3.

Unair memang terus gencar bekerja sama dengan perguruan tinggi internasional.

"Salah satu luaran kerja sama itu ialah untuk meningkatkan potensi pertukaran mahasiswa asing," ujarnya.

Guru Besar FEB itu juga mengatakan Unair juga senantiasa memfasilitasi mahasiswa asing untuk menimba ilmu di kampus setempat.

Beberapa program internasional seperti AMERTA (Academic Mobility Exchange for Undergraduate and Magister at Airlangga) dan LINGUA (Learning Indonesian Language at Universitas Airlangga) telah berhasil menarik mahasiswa dari berbagai negara untuk belajar dan menjadi bagian dari Unair.

Selain pada bidang internasional, universitas di Surabaya itu juga unggul dalam hal pengajaran dan penelitian dengan skor masing-masing 28,6 dan 31,9.

"Keunggulan itu terbukti dari para akademisi dan peneliti Unair yang sukses berkiprah di kancah internasional," tuturnya.

Pihaknya akan terus memperbaiki kualitas dan kapasitas Unair sebagai perguruan tinggi bertaraf dunia. (antara/faz/jpnn)

Setidaknya ada dua faktor yang membuat Unair unggul dalam pemeringkatan Times Higher Education World University Ranking 2024.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News