Unair Rebranding Desa Agrowisata di Lamongan Lewat Sertifikasi Halal

Selasa, 20 Juni 2023 – 18:52 WIB
Unair Rebranding Desa Agrowisata di Lamongan Lewat Sertifikasi Halal - JPNN.com Jatim
Pemberdayaan kemitraan masyarakat di Desa Besur, Kecamatan Sekaran, Lamongan untuk sertifikasi halal produk UMKM dan desa agrowisata. Foto: Dok. Tika untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, LAMONGAN - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair) bersama LAZ Al-Azhar Perwakilan Jatim dan Bank Jatim Syariah melakukan upaya akselerasi sertifikasi halal.

Upaya tersebut dilakukan melalui pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat menuju re-launching kawasan agrowisata di Desa Besur, Kecamatan Sekaran, Lamongan pada Sabtu (17/6).

Ketua Tim Pengusul Pengabdian Masyarakat FEB Unair Tika Widiastuti mengatakan pada 2018, Desa Besur sempat viral karena disebut sebagai desa sejuta potensi agrowisata.

“Desa Besur menjadi salah satu wisata favorit yang sering dikunjungi wisatawan lokal dan sekitarnya. Namun, potensi yang dimiliki meredam akibat pandemi Covid-19,” kata Tika tertulis, Selasa (20/6).

Tempat wisata di sana akhirnya berhenti beroperasi. Nah, Tika bersama timnya berupaya melakukan sertifikasi halal dengan harapan bisa mendongkrak produk UMKM dan penguatan packaging yang menarik.

“Kami berikan cara pembuatan laporan keuangan berbasis aplikasi atau melalui MS Excel agar para UMKM lebih mudah mengelola keuangannya. Selain itu ada pelatihan penyusunan business plan,” ujarnya.

Re-launching serta program tersebut diharapkan perekonomian di Desa Besur, khususnya di bidang agrowisata bertumbuh secara konsisten.

“Dengan pelatihan-pelatihan tersebut, UMKM di Desa Besur dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan meningkatkan produktivitasnya,” tuturnya.

Unair bersama LAZ Al-Azhar dan Bank Jatim re-launching desa agrowisata di Lamongan dengan upaya akselerasi sertifikasi halal.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News